Skip to content

Lulubekisar's Blog

Pemerhati Ayam Bekisar

Satu-satunya Ayam yang memiliki Taman Indah dan Megah seluas 6.000 M hanya Ayam Bekisar, tepatnya Taman Bekisar ini berada di tengah-tengah Objek Wisata Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur.

Awalnya memang H.Ismail Saleh,SH yang memiliki hobby klangenan Ayam Bekisar, saat Beliau menjabat Menteri Kehakiman RI, akan tetapi klangenan ini didukung pula oleh Pak Harto yang sangat menggemari Bekisar, dan salah satu Bekisar kesayangganya adalah Arjuna.

“Arjuna yang menghiasi rumah Cendana itu, pernah di tahun 1997-an pernah mengeluarkan suara Koden (rusak) saat IMF membacakan terpuruknya perekonomian di Indonesia,ini percaya tidak percaya bahwa Bekisar memiliki insting yang kuat dan peka terhadap lingkungannya” Kata Pemerhati Bekisar Lulu Budihardjo.

Kembali kepada Taman Bekisar, Taman ini dipersiapkan sejak tahun 1987-an saat itu Pak Harto memohon ke Pengurus BP3 Taman Mini untuk menghibahkan Tanah sebagai tempat dimana Taman Bekisar akan didirikan. Dan kemudian Pak Ismail Saleh membentuk Tim, salah satunya ada Tri Hermawan (saat ini Penasehat PP-Kemari) dan Firdaus Alamhudi (saat ini Ketum PP Kemari), beliau-beliau menggalang dana untuk Pembangunan Taman Bekisar tersebut.

Tepat pada tanggal 20 April 1993, Pak Harto beserta Ibu dan Putera-puterinya hadir pada Peresmian Taman Bekisar di TMII Jakarta, saat itu Pak Harto sangat Sumringah diwajahnya melihat Taman Bekisar dan didampingi Ismail Saleh mengelilingi Sangkar Raksasa yang berdiameter sangat besar ini.

Dan di tahun yang sama, tepatnya tanggal 19 Desember Organisasi Keluarga Penggemar Bekisar Indonesia (KEMARI) terbentuk dan langsung di Ketuai umum oleh H.Ismail Saleh, SH dan Organisasi ini terbentuk atas arahan Pak Harto, mengingat saat itu Bekisar sebagai Ayam Unik Antik dan dipercayai sebagai Ayam yang memiliki Mitos (Sumber : Alm. Budiardjo, Mantan Menteri Penerangan RI/ Pemilik Bekisar Bawor)

“Memang kita dapat melihat kepada System Organisasi Kemari,yang selalu tidak pernah meninggalkan Para Pejabat daerah, untuk turut serta pada kegiatan cabang-cabang Kemari dan perebutan pialapun dengan jabatan kepala daerah setempat dan diberikannya Piala Ibu Tien Soeharto kepada KEMARI yang telah diperebutkan sejak tahun 1993 hingga saat ini” Kata salah satu Ketua Bidang di PP Kemari.

“Ada satu tragedy sekitar tahun 2003-an saat itu Taman bekisar pernah mengalami 2 kali Ayam-ayam yang ada disitu dimakan oleh Anjing-anjing milik warung makan dekat Taman, yang ke 2 kalinya sekitar 8 Ayam hilang kepalanya, Saat itu Pak Harto mendengar kabar dan Marah besar, sejak itu satu Anjingpun tidak tampak lagi” Kenang Lulu Budihardjo

Memang tidak dapat kita pungkiri,bahwa Taman Bekisar menjadi salah satu kebanggaan Pak Harto semasa hidupnya dan Bekisar menjadi klangenan utamanya serta KEMARI yang memang dibentuk dan didirikan oleh Pejabat-pejabat Orde Baru saat itu.

“Kita wajib menjaga dan melestarikan Bekisar serta Ayam Hutan sampai kapanpun dengan Kontes, dengan Pembudidayaan dengan ilmu-ilmu yang dapat kita tulis pada media ,dan mungkin KEMARI masih memiliki kesempatan untuk mengelola Taman Bekisar dengan TMII, sebagai tempat yang memiliki Arti besar bagi pendahulu  KEMARI” akhir Lulu DB

KEMARI berduka Semoga Pak Harto diampuni dosa-dosaNya dan diterima di sisiMu Ya Allah. Amin.

Iklan

%d blogger menyukai ini: